Persiapkan 5 Jenis Baju Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dimiliki Calon Orang Tua

Persiapkan 5 Jenis Baju Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dimiliki Calon Orang Tua
5 (100%) 1 vote

Menanti kelahiran buah hati adalah saat yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. namun, bagi calon orang tua baru pastinya masih bingung perlengkapan apa saja yang harus disiapkan untuk menyambut bayi Anda termasuk baju bayi baru lahir. Tidak seperti baju pada orang dewasa, baju bayi baru lahir yang harus disiapkan cukup beragam.

Nah, artikel ini akan mengulas jenis baju bayi baru lahir yang perlu disiapkan untuk menyambut kelahiran bayi. Ini dia informasi selengkapnya:

  1. Kain Bedong

Kain bedong merupakan kain panjang yang berfungsi untuk membungkus tubuh bayi supaya tetap merasa nyaman dan hangat. Meskipun begitu, pemakaian bedong pada bayi tidak boleh terlalu kencang sebab bisa menyebabkan gangguan pembentukan struktur tulang. Selain itu, pemakaian bedong yang terlalu ketat dapat menyebabkan tulang rawan menjadi rusak.

Jumlah kain bedong yang harus disiapkan untuk bayi Anda minimal 10 ya. Sebab, kain bedong juga akan terkena ompol jadi harus diganti setiap kali bayi Anda buang air kecil.

  1. Baju Bayi Baru Lahir

Menjaga bayi baru lahir agar tetap merasa hangat adalah hal yang wajib dilakukan. Caranya yaitu dengan memakaikan beberapa lapis baju bayi yang terdiri dari:

  • Baju lengan pendek
  • Baju lengan panjang
  • Kaos singlet
  • Celana pendek
  • Celana panjang

Jangan lupa untuk memilih bahan baju yang lembut dan tidak terlalu tebal. Dengan begitu, bayi akan tetap merasa nyaman. Untuk persiapan, jumlah baju bayi yang harus Anda miliki minimal selusin. Sebab saat mengompol seringkali akan mengenai bajunya.

  1. Sarung Tangan dan Kaos Kaki Bayi
Baca Sekarang !  Kiat-kiat menjadi Blogger Sukses dari para Blogger Terbaik Di Indonesia

Sarung tangan dan kaos kaki bayi berfungsi untuk menjaga bayi tetap hangat dan melindungi tubuh bayi agar tidak tercakar. Jumlah sarung tangan dan kaos kaki tidaklah sebanyak bajunya. Anda cukup mempersiapkan 3 hingga 5 pasang saja. pilihlah kaos tangan dengan bahan lembut dan memiliki pergelangan tangan dari karet elastis sehingga tidak mudah lepas.

  1. Popok Bayi

Popok yang paling baik adalah yang kain berbahan katun lembut yang dapat menyerap cairan dengan baik. Anda juga bisa menggunakan popok sekali pakai yang berjenis rekatan. Sebaiknya tidak menggunakan jenis celana. Sebab, lebih mudah untuk dilepas ketika bayi buang air besar.

Nah, perlu Anda perhatikan bahwa menggunakan popok sekali pakai tidak terlalu baik untuk bayi. Selain tidak nyaman, juga dapat menyebabkan iritasi. Jadi, jangan gunakan terlalu sering. Cukup pakai popok sekali pakai saat akan bepergian.

  1. Celemek

Bayi baru lahir seringkali mengalami gumoh setelah menyusu. Hal ini umum terjadi karena lambung bayi masih sangat kecil. Agar tidak mengenai baju, Anda juga perlu menyiapkan celemek untuk alas gumoh. Celemek juga bisa digunakan hingga bayi mulai mengkonsumsi MP-ASI. Tidak perlu menyiapkan terlalu banyak. 3 buah celemek saja sudah cukup untuk persiapan baju bayi baru lahir.

Jika umur kandungan Anda sudah masuk pada trimester ketiga, siapkan benda-benda tersebut. Tidak perlu terlalu banyak dalam membelinya. Sebab, baju bayi baru lahir hanya dipakai sebentar saja. Pertumbuhan tubuh bayi akan sangat cepat sehingga dalam sebulan saja sudah tidak muat untuk dipakai. Selamat menunggu kelahiran bayi!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *