Perhatikan 5 Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Perhatikan 5 Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Si Kecil
5 (100%) 1 vote

Menjadi ibu memang menjadi hal yang paling dinantikan oleh kebanyakan wanita. Namun, tahukah Anda menjadi seorang ibu tidak mudah semudah yang dibayangkan.

Selain harus mengurus pekerjaan rumah, seorang ibu dituntut harus bisa memilih  makanan yang tepat untuk buah hatinya kelak.

Perhatikan 5 Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Memberikan asupan makanan saat usia balita tentu penting dilakukan guna menunjang tumbuh kembangnya. Dan berikut beberapa tips memilih makanan sehat untuk balita yang disesuaikan dengan usia.

  1. Usia 0-4 Bulan

Penelitian menyebutkan bahwa ASI menjadi nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. ASI sendiri merupakan kolostrum dengan kandungan antibodi seperti IgG, IgA dan IgM yang mampu untuk menjaga sistem imun tubuh anak Anda.

Tak hanya itu saja, bahkan kolostrum ini bisa membantu bayi dalam menghindari meningkatnya bilirubin yang bisa menyebabkan penyakit kuning. Untuk itu, pastikan bahwa bayi Anda selalu mendapatkan ASI eksklusif untuk menunjang perkembangannya.

  1. Usia 4-6 Bulan

Di periode ini, umumnya bayi akan memperlihatkan beberapa tindakan, salah satunya dengan menutup mulutnya saat disuapi. Setelah itu, barulah sang anak akan merasa lapar kembali setelah diberikan ASI 8 sampai 10 hari dalam sehari. Saat anak Anda sudah menunjukan hal tersebut maka Anda sudah bisa memberinya 1 sendok makan bubur yang terbuat dari dari sayur atau buah.

  1. Usia 6-8 Bulan

Saat usia ini Anda bisa memberikan makan sebanyak 3-9 sendok makan bubur dalam sekali makan. Anda bisa memasak sayuran rebus untuk dijadikan menu makanan sehat untuk bayi Anda.

  1. Usia 8-10 Bulan

Ketika bayi Anda berada di usia ini, maka  Anda boleh saja memberikan sejumlah sereal kecil dengan bahan gandum. Anda juga bisa menambahkan sedikit cangkir makanan yang juga mengandung protein seperti ikan, daging, telur, atau kacang-kacangan. Jangan lupa untuk memastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah menghaluskan bahan-bahan tersebut sampai halus supaya mudah untuk dikonsumsi dan cocok untuk pencernaan si kecil.

  1. Usia 10-12 Bulan
Baca Sekarang !  Cara Tepat Dan Mudah Dapatkan Vitamin A

Saat bayi mencapai usia yang hampir 1 tahun, maka anak Anda boleh mengonsumsi beberapa makanan sehat yang diperkaya dengan adanya kandungan zat besi. Selain makanan yang mengandung zat besi, makanan yang mengandung protein dan kalsium pada buah dan sayur harus menjadi menu wajib selama berada di periode ini.

Perlu juga diperhatikan bahwa saat usia balita, susu generasi maju dan produk olahannya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi si kecil untuk mendukung pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat. Anak yang usianya di atas 1 tahun perlu untuk mendapatkan 350 mg kalsium dalam sehari.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah sebaiknya pemakaian botol atau dot harus mulai diganti untuk mengurangi terjadinya karies gigi atau gigi berlubang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *