Inilah Arti Dari Maskot Asian Games 2018

Inilah Arti Dari Maskot Asian Games 2018
5 (100%) 1 vote

Inilah Arti Dari Maskot Asian Games 2018

Indonesia saat ini sedang mengalami demam Asian Games 2018. Bagaimana tidak, Asian Games sendiri merupakan ajang olahraga se Asia terbesar dan Indonesia berperan sebagai tuan rumah. Hal ini juga dijadikan Indonesia sebagai salah satu ajang mempromosikan diri.

Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam Asian Games, dimulai dari membuat logo, maskot Asian Games 2018 dan masih banyak lainnya. Untuk logo asian game sendiri desainnya dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Adapun bentuk sketsanya seperti bagian atas Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK) dengan gambar matahari ada bagian tengahnya. Adanya lambang matahari ini menandakan sumber energi paling utama yang akan menyebar ke seluruh penjuru Asia dengan berlangsungnya Asian Games.

Hal ini juga bertujuan untuk menunjukkan kekuatan Indonesia melalui ajang Asian Games 2018. Tidak hanya itu, makan logo ini juga sekaligus sebagai salah satu cara untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia.

Tidak hanya logo Asian Games saja yang sudah dibuat untuk acara Asian Games. Namun maskot Asian Games 2018 juga sudah dibuat dan terbilang cukup unik. Maskot ini dipilih dengan mengusung tema tiga satwa yang ada di Indonesia yakni Burung Cendrawasih yang memiliki nama Bhin Bhin, kemudian Badak Bercula Satu yang memiliki nama Raka dan satu satwa lagi yaitu Rusa Bawean yang memiliki nama Atung.

Dibuatnya maskot Asian Games 2018 dengan menggunakan 3 satwa Indonesia yang berbeda ini bertujuan untuk menggambarkan keragaman hayati Indonesia dimulai dari Bagian Timur (Bhin Bhin), Indonesia Bagian Tengah (Atung) dan juga Indonesia Bagian Barat (Raka).

Meskipun maskot Asian Games 2018 dibuat dengan mengusung 3 satwa asli Indonesia, namun tetap saja maskot ini diberi sentuhan seni dan modern. Tentu saja desain yang digunakan menunjukkan kearifan budaya lokal bangsa Indonesia.

Baca Sekarang !  Simak, Tips and Trik Sukses Berjualan di BBM

Dengan dibuatnya logo dan maskot Asian Games 2018 yang baru ini atas dasar permintaan masyarakat Indonesia. Pasalnya logo dan maskot Asian Games yang dahulu yang disebut dengan Drawa mendapatkan banyak kritikan dari banyak pihak. Bahkan maskot ini dianggap kurang kreatif.

Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah sayembara untuk membuat logo dan maskot Asian Games. Dan sayembara ini dimenangkan oleh perusahaan desain grafis Feat Studio. Berdasarkan perusahaan yang mendesain logo dan maskot Asian Games 2018, dipilihnya Stadion Bung Karno sebagai salah satu cara untuk mewujudkan cita-cita Bapak Plokamator Indonesia. Diharapkan pula untuk generasi penerus bangsa memiliki semangat yang tetap tinggi hingga saat ini.

Sedangkan pada bagian maskot Asian Games yang masih dibuat oleh Desain Feat Studio dimana ide utamanya ialah tiga satwa yang sudah disebutkan tadi. Dengan adanya tiga satwa Indonesia ini diharapkan mampu melambangkan Bhineka Tunggal Ika, dimana ini merupakan salah satu semboyan yang sangat kental bagi masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu saja, adanya Burung Cendrawasih pada maskot Asian Games 2018 juga menggambarkan kepintaran yang dimiliki oleh burung tersebut dalam menyiasati lawannya. Sedangkan arti dari rusa yaitu identik dengan kecepatannya yang tinggi untuk mengelabuhi musuhnya. Dan terakhir pemilihan satwa badak dilambangkan untuk kekuatan bangsa Indonesia dalam Asian Games 2018.

Dengan adanya logo dan maskot Asian Games 2018 diharapkan Indonesia dapat menunjukkan prestasinya di mata Internasional. Hal ini juga sekaligus untuk menumbuhkan rasa semangat yang tinggi untuk mengikuti Asian Games 2018.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *