Ibu Cerdas Harus Tahu Cara Atasi Ruam Popok Pada Bayi Dengan Tips-Tips Ini

Ibu Cerdas Harus Tahu Cara Atasi Ruam Popok Pada Bayi Dengan Tips-Tips Ini
5 (100%) 1 vote

Memiliki buah hati adalah anugerah yang tak terkira bagi seorang ibu. Namun, bagi perempuan yang baru saja menjadi ibu akan menghadapi berbagai permasalahan. Seringkali bayi menangis dan rewel hingga membuat Anda kewalahan mengatasinya. Penyebabnya sangat beragam. Coba periksa bagian tubuhnya, bisa jadi terdapat ruam popok pada bayi Anda.

Ibu Cerdas Harus Tahu Cara Atasi Ruam Popok Pada Bayi Dengan Tips-Tips Ini

Ruam popok pada bayi ditandai dengan adanya bercak kemerahan pada area paha, bokong, hingga alat kelaminnya. Tanda lain yang bisa Anda temukan adalah berupa jerawat, bintik-bintik, serta luka lecet di area popok. Kulit bayi juga akan terasa panas saat Anda sentuh.

Penyebab ruam popok pada bayi bermacam-macam. Ada beberapa pemicu yang bisa menyebabkan bayi Anda mengalami hal tersebut. Diantaranya:

  1. Tidak Mengganti Popok Bayi Dalam Waktu yang Lama

Popok yang basah atau terkena tinja jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Apalagi jika bayi Anda sedang mengalami diare. Untuk itu, rajinlah dalam mengganti popok bayi. Jika sudah basah segeralah menggantinya dengan popok yang baru.

  1. Popok Terlalu Ketat

Gesekan antara kulit dengan popok yang terlalu ketat bisa membuat ruam bahkan lecet di kulit bayi. Untuk itu, pakaikan popok yang sedikit longgar dan beri ruang agar ada sirkulasi udara pada bagian bawah tubuh bayi.

  1. Makanan Baru

Makanan yang dikonsumsi ibu juga sangat berpengaruh terhadap tinja bayi. Sehingga ruam popok mudah terjadi. Jika bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI, maka hal tersebut dapat memicu timbulnya ruam popok.

  1. Infeksi

Pada bagian tubuh seperti paha, bokong, serta alat kelamin sering bersentuhan dengan popok yang hangat dan lembab. Sehingga kulit lebih mudah terkena infeksi dari jamur dan bakteri.

  1. Iritasi Produk Bayi
Baca Sekarang !  Manfaat Konsumsi Buah secara Teratur

Menggunakan produk seperti bedak, tisu basah, serta sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit bayi juga bisa menyebabkan terjadinya ruam popok.

  1. Kulit Sensitif

Masalah kulit pada bayi berupa dermatitis atopic atau eksim bisa menyebabkan bayi Anda lebih mudah terkena ruam popok.

Nah, untuk mengatasi ruam popok pada bayi, Anda harus melakukan hal berikut ini:

  1. Cuci tangan hingga bersih saat akan mengganti popoknya
  2. Jaga kulit di area bokong, paha, dan alat kelamin tetap bersih dengan mengganti popoknya segera setelah buang air besar atau buang air kecil
  3. Gunakan produk bayi yang non alkohol dan non perfume
  4. Sembuhkan ruam popok pada bayi dengan menggunakan salep yang mengandung zinc oxide
  5. Gunakan popok yang berukuran lebih besar dari biasanya.

Setelah menggunakan cara di atas ruam popok pada bayi Anda tidak juga membaik, sebaiknya lekas membawanya ke dokter. Bayi Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih baik. Kemungkinan akan diberi krim anti jamur, steroid, ataupun antibiotik.

Nah, jika bayi Anda mengalami ruam popok, tak perlu panik. Lakukan tips-tips di atas. Dan yang paling penting adalah dengan selalu menjaga kebersihan untuk mencegah bayi Anda mengalami ruam popok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *