Bagaimana Cara Kerja dari AC Inverter?

Bagaimana Cara Kerja dari AC Inverter?
Rate this post

Bagaimana Cara Kerja dari AC Inverter

Di setiap ruangan memiliki kebutuhan berbeda tentang jumlah unit pendingin. Jumlah yang bervariasi ini tergantung dari suhu di luar ruangan serta jumlah panas di dalam ruangan. Saat kapasitas pendinginan ditingkatkan, maka kompresor akan beroperasi dengan kecepatan tinggi serta meningkatkan jumlah aliran refrigerant.

Namun, sebaliknya selama suhu di luar sedang dalam kondisi misalnya, maka kapasitas pendinginginan perlu dikurangi. Kompresor akan beroperasi di kecepatan rendah dan mengurangi jumlah aliran refrigerant. Saat pendingin udara inverter yang diaktifkan, maka kompresor akan beroperasi di kecepatan tinggi untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Kemudian saat suhu sudah mendekati suhu yang diatur, maka kompresor melambat dan mempertahankan suhu konstan dan akan menghemat energi. Terjadi fluktuasi yang mendadak ini akan terjadi di suhu kamar, maka akan tersensor dan langsung disesuaikan kembali untuk membawa suhu ruangan kembali ke suhu yang diatur.

Penggunaan ac inverter memang bisa menghemat listrik sekitar 30-50% dibandingkan dengan ac non inverter. AC inverter ini dipakai untuk mengontrol kecepatan motor kompresor untuk mengendalikan aliran refrigeran ke dalam sistem ac yang gunanya untuk mengatur suhu ruang. Tidak seperti di ac-ac konvensional dimana pengaturan suhu dilakukan ketika kompresor yang on dan off secara berkala dan bekerja di kapasitas maksimum. AC inverter ini juga dilengkapi dengan drive frekuensi, yaitu variabel yang menggabungkan inverter listrik yang bisa disesuaikan dengan mengontrol kecepatan motor dan demikian juga dengan kompresor serta output pendinginan.

Diketahui ac inverter memang lebih mahal. Dibandingkan dengan ac non inverter, harganya memang lebih tinggi di atas. Namun harga yang mahal ini sebanding dengan penghematan yang bisa anda lakukan untuk biaya listrik rumah. Ada beberapa manfaat dari ac inverter dibandingkan dengan yang bukan inverter. Manfaat itu diantaranya.

  1. Pengoperasiannya yang membutuhkan sedikit konsumsi daya setidaknya mampu menghemat 30-50% lebih murah.
  2. Lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan.
  3. Start up-nya membutuhkan waktu kurang 30%
  4. Tenang dan tidak berisik.
  5. Tidak ada fluktuasi suhu, sehingga mampu memaksimalkan tingkat kenyamanan
  6. Tidak ada tegangan puncak dari kompresor.
Baca Sekarang !  Promosi Blog di Social Media Site

Kesimpulannya, ac inverter efektif untuk menghemat pemakaian listrik di rumah anda. Sehingga tagihan setiap bulannya mampu dikurangi dan lebih murah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *